Motilitas Spermatozoa

Motilitas Spermatozoa
Satu tetes semen (10 µl) ke atas gelas objek dengan ukuran 25.4 mm x 76.2 mm lalu ditutup dengan cover gelas 22 mm x 22 mm. Dilakukan pengamatan sebanyak 100 spermatozoa pada pembesaran mikroskop 400x.
Motilitas spermatozoa normal bila : motilitas a > 25 % atau a+b ≥ 50 % (WHO, 1999).
Motilitas di revisi WHO tahun 2010 hanya mengenal PR, NP, IM. Motilitas spermatozoa normal bila PR ≥ 32 % atau PR+NP ≥ 40 % (WHO, 2010)

Bila menggunakan bantuan komputer (CASA) dapat ukur secara objektif kecepatan spermatozoa, atau bila menggunakan pemeriksaan manual dengan menggunakan makler counting chamber dapat memudahkan pengkategorian motilitas spermatozoa :





















Bila Tidak memenuhi kriteria motilitas normal diatas maka kategori diagnostik laboratorisnya adalah Asthenozoospermia.

2 komentar:

sastro siburian mengatakan...

Dok, saya seminggu yg lalu melakukan pemeriksaan laboratorium terhadap sperma saya, dan hasilnya:
Motilitas A : 0%
Motilitas B : 62%
Motilitas C : 10%
Motilitas D : 28%
Dan untuk morfologi,
Normal : 23 %
Abnormal: 77%
Kesimpulannya ditulis bahwa saya:
Terato zoospermia.
Yang mau saya tanyakan, apakah saya masih bisa mendapatkan keturunan, dan apa yg harus saya konsumsi untuk memperbaiki kondisi sperma saya tersebut. Mohon bantuannya dok, email saya di: sastro.siburian@gmail.com

kesehatan mengatakan...

dok
kemarin saya melakukan percobaan sperm analisis dan hasilnya
pr = 74% (117)
np = 11,4% (18)
im = 14,5% (23)
dalam 8 lapang pandang dari 158 sperma yang terhitung
yang saya mau tanyakan menurut dokter apakah hasil tersebut dapat di katakan falit atau tidak ?
dan hasilnya dapat di katakan apa dok?