Oligozoospermia

Konsentrasi Spermatozoa
Dilakukan terlebih dahulu perkiraan kepadatan per lapang pandang spermatozoa dengan penggunakan lapang pandang besar (pembesaran 400 kali). Perkiraan ini digunakan untuk menentukan pengenceran yang digunakan untuk menghitung konsentrasi spermatozoa menggunakan haemocytometer.




















Dengan meneteskan satu tetes (10 µl) semen pada tiap kamar hitung haemocytometer, lalu dihitung jumlah spermatozoa yang ada.
• Jika sampel kurang dari 10 spermatozoa per lpb, maka menghitung seluruh kotak besar yang berjumlah 25.
• Jika 10 - 40 spermatozoa terlihat per lpb, maka cukup menghitung 10 kotak besar.
• Jika sampel > 40 spermatozoa terlihat per lpb, maka cukup menghitung 5 kotak besar.
Selanjutnya bila telah menghitung 25, 10 atau 5 kotak besar pada haemocytometer maka dibagi dalam faktor konversi sesuai kotak besar yang telah dihitung, yang hasilnya adalah konsentrasi spermatozoa dalam juta per milliliter.
Konsentrasi spermatozoa normal bila ≥ 20 juta/ml (WHO,1999).
WHO edisi 2010 konsentrasi spermatozoa normal bila ≥ 15 juta/ml.

Hubungan Konsentrasi dengan angka kehamilan dijelaskan dengan grafik dibawah ini :













Bila konsentrasi spermatozoa < 20 Juta/ml (WHO,1999) maka kategori diagnostik laboratoris disebut Oligozoospermia.
Khusus konsentrasi spermatozoa dibawah 5 juta/ml, di center Andrologi RSU Dr. Soetomo / Univ. Airlangga memberikan istilah khusus yaitu Extreme Oligozoospermia, atau diluar Indonesia di beberapa center memberikan istilah Severe Oligozoospermia.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Saya Herman usia 41 Th dari Lumajang. Menikah tgl 27 Oktober 2012. Istri saya usia 34 Th. Sampai sekarang belum ada tanda2 kehamilan. Bulan kemarin kami periksa ke dokter spesialis kandungan dan saya disarankan test sperma. Hasilnya saya dinyatakan oligozoospermia. Jumlah sperma hanya 9 juta /ml. Selanjutnya saya bingung harus berobat kemana ? (dorkokang_hne@yahoo.com)

wawan mengatakan...

Saya wawan usia 27 Th dari surabaya. Menikah tgl 25 september 2011. Istri saya usia 27 Th. Sampai sekarang belum ada tanda2 kehamilan. Bulan kemarin kami periksa ke dokter spesialis kandungan dan saya disarankan test sperma. Hasilnya saya dinyatakan oligozoospermia. jumlah sperma 19.4 juta/ml...masih bisa diobatinkan dok???terima kasih (retnosetiawan79@gmail.com)

Rumah Herba FANELIA mengatakan...

Pengental & Penyubur SPERMA.
Komposisi : Murroh, Rossad, Jintan Hitam, dll (Ramuan Tradisional Arab). Khasiat : Sangat membantu mengatasi kemandulan pada pria, menambah jumlah sperma dan meningkatkan mutu sperma menjadi lebih aktif, menambah daya $ex pria. Harga Rp. 226.000,- (35 caps). Alamat : Permata Depok Regency Cluster Jade E20/17 Depok. Hp. 0856 910 910 09 (PIN BB : 266B8265). http://faneliaherbs1.wordpress.com ; faneliaherbs@yahoo.com

oligozoospermia mengatakan...

Analisa Sperma, Extrim Oligozoospermia, Severe Oligozoospermia, konsentrasi sperma kurang dari 5 juta/miL