Persiapan Pemeriksaan Sperma

Kepada pria yang hendak memeriksakan spermanya, hendaknya dokter atau petugas laboratorium menjelaskan hal-hal seperti berikut :
1. Keadaan pria hari pemeriksaan hendaknya cukup sehat, tidak dalam keadaan letih atau lapar dan cukup beristiraahat.
2. Sperma dikeluarkan setelah didahului oleh abstinensia seksual (tidak ejakulasi dengan cara apapun) selama 3 - 4 hari (rekomendasi WHO abstinensia 2 sampai 7 hari).
3. Sperma dikeluarkan secara mastrurbasi di Laboratorium, dan harus di tampung secara utuh.

Dalam keadaan dimana pria tidak dapat mengeluarkan sperma di laboratorium Andrologi, maka boleh yang bersangkutan mengeluarkan di tempat lain, misalnya di rumah dengan memperhatikan hal-hal berikut :
1. Masturbasi tidak diperkenankan memakai bahan pelicin seperti sabun, minyak dan lain-lainnya.




2. Wadah penampung harus terbuat dari gelas yang sudah dicuci bersih dan dibilas berulang-ulang untuk menghilangkan sisa sabun/ditergen yang di pakai. Botol sebaiknya bermulut lebar, mempunyai volume 20-50 ml.
Tidak diperkenankan menampung sperma kedalam kondom berbahan latex yang dijual bebas (kecuali dengan menggunakan kondom yang diproduksi khusus untuk penampungan sperma / condom sperm friendly). Gelas penampung ditutup cukup dengan kertas biasa (atau menggunakan wadah penampung khusus sperma / andrology pack #1 (sterile semen container).






3. Sperma yang sudah tertampung segera dalam waktu setengah jam sudah di serahkan kepada petugas Laboratorium. Dalam perjalanan menuju Laboratorium suhu sperma dipertahankan sekitar 25-35oC, misalnya dalam kantong pakaian yang dikenakan.

Untuk pemeriksaan bakteriologis/perbenihan, maka terdapat suatu prosedur yang lebih khusus. Hal ini tidak akan dibahas disini.



5 komentar:

Anonim mengatakan...

makasih banget ya tulisannya.. coz aq bingung cari referensi tentang sperma, aq lagi tesis tentang kualitas sperma...
btw.. thanx:)
(meandlennon@telkom.net)

poe mengatakan...

tolong dbahas lebih lanjut tentang prosedur pmrksaan sperma n harga normalnya.....
tq..

RST mengatakan...

saya test sperma di rs hermina depok, kita musti dateng pagi, karena testnya dibatasin sampai jam 9. nah kita lebih baik datang dengan istri, buat bantu kita mastrubasi dikamar VIP lengkap dengan tempat tidur, TV LCD, dan kamar mandi(pokonya nyaman), untuk biayanya 150Rb aja.

jadi yang mau test sperma jgn malu2, lakukan saja untuk kebaikan rumah tangga.

salam.

arafat_elka mengatakan...

Salam sukses dr Anton. Apa kabar? Semoga dalam keadaan sehat. dok sy Arafat dri tangerang tluknaga. sebelumnya saya pernah konsul dengan anda di RS Awal Bros. Bgini dok. Hasil pemeriksaan saya terbaru (26-12-12)membuktikan.
vol 4.0
bau khas
warna ok
pH 8.1
viskositas 3
liquefaksi 37
konsentrsi 97.8
jumlah 391.2
lekosit 0.5
immaure gc 1.0
viabilitas -
morfologi :
normal 6
abnormal 94
ksimpulan normozoospermia.
bisa tolong dijelaskan dokter!
(arafat.elka@gmail.com)terimakasih pak Anton

Salman A mengatakan...

Malam dok, saya mau bertanya, untuk pemeriksaan analisa sperma bolehkan seseorang abstinensia >7 hari? misalnya sudah 1 bulan tidak keluar sperma dgn cara apapun, atau harus dikeluarkan dahulu kmdn dlm rentang abstinensia 2-7 hari br boleh diperiksa sperma, mohon referensinya juga dok selain dari WHO 2010, Terima Kasih
Salam Hormat saya